Senin 11 Maret 2024, Membaca judul tulisan ini mungkin ada yang berpikir; “tinggi sekali materi pembelajarannya”, “sudah perlukah anak TK belajar komputer”, “bagaimana cara mengajarkannya”.
Pembelajaran komputer di TK Melati Indonesia diawali dengan pengenalan secara sederhana tentang perangkat dan komponen komputer, fungsi, cara menggunakannya dengan baik serta memberikan arahan menggunakan dengan bijak termasuk arahan penggunaan gadget, Materi pembelajaran terprogram dengan baik sebagai kurikulum muatan lokal. Dilaksanakan satu kali dalam seminggu.
Lebih lanjut Henni dan Staf Guru melalui Literatur dan Kurikulum yang ada selanjutnya menyusun materi pembelajaran komputer yang nantinya bisa sesuai dengan karakeristik usia anak tersebut.
Point utama dari materi adalah pada karakteristik meniru prilaku, dan menggunakan kata-kata dan mengekspresikan kalimat pendek, Garis besar materi-materi yang sudah diterapkan dalam modul pembelajaran komputer untuk anak usia TK, sebagai berikut:
Mewarnai Objek,Pada materi ini anak-anak akan belajar mewarnai berbagai objek menggunakan aplikasi mewarnai MS. Paint. Objek-objek sudah disediakan, siswa tinggal mewarnainya saja sesuai petunjuk dalam modul, Gambar-gambar binatang, Gambar-gambar benda disekitar kita ( meja, bangku, dan seterusnya) dan Gambar-gambar bentuk geometri
Menjumlahkan Dengan Komputer, pada materi ini siswa akan belajar menjumlahkan dengan cara mewarnai angka-angka dalam bentuk penjumlahan, Contoh materi menjumlahkan dengan cara mewarnai tersebut diantaranya: Mewarnai penjumlahan angka 1-30. Misalnya 1+2, 1+3, dan seterusnya, Mewarnai penjumlahan dengan bentuk objek jari tangan, buah-buahan, benda dan objek lainnya
Menulis Kalimat Pendek, pada materi ini siswa akan belajar menulis kalimat pendek dengan aplikasi pengolah kata yang sesuai dengan usia siswa.
Namun, perlu diingat bahwa komputer bukanlah pengganti dari guru, orang tua, atau teman-teman. Komputer hanyalah alat bantu yang dapat mendukung proses belajar anak-anak. Oleh karena itu, guru dan orang tua harus tetap memantau, membimbing, dan mengawasi anak-anak dalam menggunakan komputer. Guru dan orang tua juga harus memberikan batasan, aturan, dan saran yang tepat kepada anak-anak dalam menggunakan komputer.
Report by Henni & Staf
Joint in PPDB 2024